¤» Dari Abdurrahman bin Abu Hatim bahwa dia dan bapaknya Abu Hatim ar-Razi datang kepada Abu Zur’ah ar-Razi yang sedang menghadapi sakaratul maut, maka mereka mengingat hadits, “Barangsiapa perkataan terakhirnya adalah LAA ILAAHA ILLALLAAH niscaya dia masuk surga.”

Maka Abu Zur’ah menyebutkan sanad hadits tersebut sampai kepada Muadz, dan dia berkata, Rasulullah صلى الله عليه و سلم bersabda, “Barangsiapa perkataan terakhirnya adalah LAA ILAAHA ILLALLAAH niscaya dia masuk surga.” Selesai mengucapkannya, Abu Zur’ah langsung wafat.

¤» Ayat terakhir yang dibaca oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah adalah firman ALLAH سبحانه و تعالى yang artinya, “Sesungguhnya orang - orang yang bertakwa berada di dalam taman - taman dan sungai - sungai, di tempat yang disenangi di sisi TUHAN yang berkuasa.” (QS. al-Qamar: 54 - 55) kemudian beliau wafat.

¤» Ayat terakhir yang ditafsirkan oleh Syaikh Muhammad Rasyid Ridha dalam al-Manar adalah firman ALLAH سبحانه و تعالى yang artinya, “Wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang shalih.” (QS. Yusuf: 101) lalu beliau berdoa agar ALLAH mewafatkannya sebagai muslim, dan setelahnya beliau tidak menulis apa pun dari tafsir karena tak berselang lama akhirnya beliau wafat.

FAIDAH :
a. Mohonlah selalu agar ALLAH mewafatkan kita dalam kondisi husnul khatimah.

b. Seorang diwafatkan dengan amal yang biasa mereka kerjakan selama hidup.

c. Kematian adalah suatu kepastian yang akan dirasakan oleh setiap insan.

Mudah - mudahan ALLAH memberikan kita keistiqamahan dalam beramal shalih, hingga mewafatkan kita dengannya.
___

(BBM Dakwah Al-Sofwa PIN 24C805BD)

0 response:

Posting Komentar

 
Top