Ketersediaan air menjadi hal yang sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Begitu pula dengan masyarakat Desa Giripurwo yang terletak di Kecamatan Purwosari, Kab. Gunungkidul. Desa ini termasuk kawasan karst, sehingga menyebabkan kondisi kering dipermukaan dan kaya air dibawah permukaan. Hal tersebut menyebabkan sumber air permukaan yang langka dan memiliki cadangan air permukaan yang sedikit, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga sekitar. Salah satu solusi dari masalah ini yang biasa dilakukan masyarakat adalah menampung air hujan atau menempuh perjalanan sampai 7 km menuju sumber air.
Pada musim kemarau, masyarakat sangat menghemat penggunaan air. Jika pasokan air yang ada sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, masyarakat biasanya membeli air dari truk tangki yang telah disediakan pemerintah daerah, dengan seharga sekitar Rp. 150.000 per 5.000 liter air. Bagi warga yang kurang mampu untuk membeli, harapan mereka adalah menunggu bantuan pemerintah atau bergantung pada sumber mata air yang debitnya sangat kecil. Itupun dengan pengorbanan yang menghabiskan waktu antrian satu hari untuk mendapatkan satu jerigen air.

f24ecc42ff5a055369808c14669aa61e63f4d454

Dengan terbatasnya sumber air di desa tentu akan sangat berdampak terhadap seluruh aspek kehidupan warga. Dari sisi ekonomi, terbatasnya sumber air membuat geliat usaha warga menjadi lebih lambat dan kurang bervariasi. Kurangnya sumber air bersih juga berdampak kepada kondisi kesehatan warga dimana rendahnya kualitas air yang ditandai dengan kadar kapur yang tinggi membuat banyak warga mengalami masalah kesehatan berupa penyakit gagal ginjal di usia lanjut. Selain itu, keterbatasan air juga membuat sanitasi lingkungan kurang higienis.
KKN-PPM UGM Water Project 2 yang berlokasi di Desa Giripurwo hadir untuk membantu memberikan solusi terhadap kebutuhan warga terutama masalah air dengan bertindak sebagai fasilitator yang menghubungi pihak-pihak terkait baik dari pemerintah, swasta, lembaga, yayasan dan orang-orang yang ahli dalam masalah air bersih.

3ac62e3a34d7d0a483b6a3f7ae346247c208bf66

CARA BERDONASI: ( kitabisa.com/waterproject2 )
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”2. Masukan nominal donasi
3. Klik "Lanjut"4. Pilih metode pembayaran

Info Lebih Lanjut : kitabisa.com/waterproject2
Hanifan (081212787989)
Fauzi (085643238518)
Naufaldo (087738210343)
Website : baktigiripurwo.tk
Facebook : Bakti Giripurwo
E-mail : kkngpgk@gmail.com

Jazaakumullahu khairan kami ucapkan kepada donatur sekalian yang telah membersamai kami dalam banyak proyek kebaikan
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

0 response:

Posting Komentar

 
Top